Khazzanah Tour Travel Umrah Jakarta : Tentang Cara Shalat Jama Qosor yang benar

PT. KHAZZANAH AL-ANSHARY
Jadwal Umroh November Desember

Tentang Cara Shalat Jama Qosor yang benar


Mereview Shalat Jama’ Qosor Untuk Orang Melakukan Perjalanan Jauh


Tata Cara Shalat Jama’ Qosor—Ketika Anda disibukkan dengan pekerjaan yang harus menempuh perjalanan jauh, atau orang muslim dan muslimah yang kemanapun dalam perjalanan jauh, namun telah melewati satu waktu shalat, bagaimana cara melakukan shalatnya namun tidak melewatkan satu shalat satupun? Dalam Islam semua kejadian atau peristiwa yang berhubungan dengan ibadah, segala sesuatunya dipermudah untuk diganti dengan sesuatu yang seimbang pula dengan apa yang dilewatkan di waktu yang telah ditentukan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Misalnya ketika melewatkan waktu shalat yang kebetulan Anda masih dalam perjalanan yang jauh tersebut. Anda bisa menggantinya dengan cara menunaikan shalat Jama’ Qosor dengan Tata Cara Shalat Jama’ Qosor yang benar. Shalat Jama’ Qosor, memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita sebagai orang muslim dan muslimah, karena ketika kita masih menduduki bangku Sekolah Dasar pun sudah dijelaskan. Bahkan bisa diulang lagi mengenai materi shalat Jama’ Qosor ini ketika kita sedang menduduki bangku Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Mengenah Kejuruan atau mungkin yang sederajatnya.

Namun, sebagian dari kita mungkin ada yang lupa dengan shalat Jama’ Qosor ini. Mungkin saja lupa artinya, lupa Tata Cara Shalat Jama’ Qosor, atau bahkan lupa semuanya. Hehehe.. Nah, daripada lupa terus, lebih baik mereview lagi dengan cara baca artikel ini dari biro jasa perjalanan Umroh Khazzanah Tour Travel. Pada paragraf pertama, sudah dijelaskan bahwa shalat Jama’ Qosor ini akan dilakukan bagi orang yang melakukan perjalanan jauh. Sejauh apakah? Menurut para ulama, ditentukan jauh tersebut adalah 80 km. Jadi, jika ada yang melakukan shalat Jama’ Qosor kurang dari jarak yang telah ditentukan, maka orang tersebut sudah tidak memenuhi syarat shalat Jama’ Qosor sendiri. Untuk syarat lainnya adalah melakukan perjalanan namun tidak untuk yang negatif atau yang dapat menimbulkan dosa, serta sedang dalam keadaan yang bahaya misalnya dalam keadaan hujan lebat, banjir dan lainnya.

Tata Cara Shalat Jama’ Qosor


Kemudahan yang telah diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah hal yang tentunya bisa dilakukan. Seperti shalat Jama’ Qosor ini, yang artinya adalah melakukan shalat dengan meringkas dan menggabungkan shalat dalam satu waktu. Nah, shalat yang bisa digabungkan adalah shalat dzuhur dengan shalat ashar dan shalat maghrib dengan shalat isya. Bagimana ya Tata Cara Shalat Jama’ Qosor ini? Klik Disini untuk mengetahui umroh bulan Ramadhan tahun ini dengan biaya yang murah!


1.Shalat Jama’ Qosor Taqdim (Dilakukan Diawal)


Tata Cara Shalat Jama’ Qosor taqdim misalnya dilakukan di waktu shalat dzuhur dengan shalat ashar.

a.Niat yang bisa datang dari dalam hati dan juga bisa dilafadzkan dengan bacaan lafadz niat shalat jama’ qosor dzuhur :
"Ushalli fardhal ‘ashri rak’ataini qashran majmuu’an ilazh zhuhri adaa’an lillaahi ta’aalaa”
Artinya : “ Aku berniat shalat fardhu ashar 2 raka’at, qashar, dengan menjamaknya kepada zhuhur, karena Allah Ta’ala.
b.Membaca takbiratul ihrom
c.Shalat dzuhur 2 raka’at
d.Salam
e.Berdiri, lalu niat shalat yang kedua dengan lafadz niat shalat jama’ qosor asar yang artinya  : “Aku berniat shalat 2 rakaat digabungkan dengan shalat dzuhur dengan jama’ taqdim, diqosor karena Allah Ta’ala
f.Kemudian dilanjutkan dengan Tata Cara Shalat Jama’ Qosor selanjutnya yakni dengan takbiratul ihrom
g.Shalat ashar 2 raka’at
h.Salam


2.Shalat Jama’ Qosor Takhir (Dilakukan Diakhir)


Tata Cara Shalat Jama’ Qosor takhir misalnya dilakukan di waktu shalat maghrib dengan shalat isya.

a.Niat yang bisa datang dari dalam hati dan juga bisa dilafadzkan dengan bacaan lafadz niat shalat jama’ qosor maghrib yang artinya : “ Aku berniat shalat fardhu maghrib 3 raka’at digabungkan dengan shalat isya dengan jama’ takhir karena Allah Ta’ala”
b.Takbiratul Ihrom
c.Shalat Maghrib 3 raka’at
d.Salam
e.Berdiri, lalu niat shalat yang kedua dengan lafadz niat shalat jama’ qosor isya yang artinya  : “Aku berniat shalat 2 rakaat digabungkan dengan shalat maghrib dengan jama’ takhir, diqosor karena Allah Ta’ala
f.Takbiratul ihrom
g.Shalat Isya
h.Salam

Back To Top