Khazzanah Tour Travel Umrah Jakarta : Tata Cara Shalat Idul Fitri

PT Galih Tunggal Perkasa
Jadwal Umroh November Desember
MAKKAH
Hotel Suport 3 Final Rehab / Firdaus Umrah / Fajar albadee / Fahamatul/ setaraf
Hotel Suport 4 Villa Hilton / Olayan Ajyad / Royal majestic / Grand Mekkah/ setaraf
Hotel Suport 5 Pullman zamzam / Movenpick / Sofa Azka / Anjoum / Reetaj / setaraf
MADINAH
Hotel Suport 3 Mubarok Silver / Sourfah / Mubarok al masee / Mirage / setaraf
Hotel Suport 4 Fairusshatta / Golden Anshor / Royal Andalus / setaraf
Hotel Suport 5 Grand Mercure / Al haram / Concord / Hayyat Intercont / setaraf

Tata Cara Shalat Idul Fitri


Definisi dan Hukum Shalat Idul Fitri


Tata Cara Shalat Idul Fitri—Hari perayaan atau hari besar umat Islam adalah Idul Fitri dan Idul Adha. Kedua moment tersebut hadir dalam kehidupan manusia terutama kaum muslimin dan muslimah hanya setiap satu tahun sekali. Banyak sekali kaum muslim dan muslimah yang sangat bahagia menyambut kedua moment tersebut. Oleh karenanya, banyak juga yang melakukan persiapan yang spesial untuk menyambut kedua moment tersebut. Misalnya seperti memasak opor ayam, ketupat, bahkan hingga meramaikan suasana pada saat malam takbiran hingga keesokan harinya Idul Fitri atau Idul Adha. Namun keutamaan yang paling melekat dari kedua moment tersebut adalah bertambahnya kesadaran diri untuk memperbaiki kualitas ibadah dari tahun sebelumnya, bahkan dari hari sebelumnya hingga istiqomah sampai akhir hayat. Khusus untuk Idul Fitri yang merupakan moment dalam waktu dekat ini akan hadir, memiliki arti yang mensucikan diri bagi manusia khususnya kaum muslimin dan muslimah. Mau dapat biaya umroh murah dan terjamin fasilitas serta pelayanannya? Pilih saja Khazzanah Tour Travel Umroh Haji sekarang juga tanpa ragu!

Idul Fitri adalah hari besar, sehingga Idul Fitri memiliki shalat sendiri yang juga hanya hadir ketika Idul Fitri tiba yakni shalat Idul Fitri. Definisi bagi shalat Idul Fitri adalah shalat yang dilakukan pada tanggal 1 Syawal dan memiliki jumlah 2 rakaat. Hukum pelaksanaan shalat Idul Fitri adalah wajib yang dikemukakan oleh pendapat yang paling kuat, yaitu hadits dari Ummu ‘Athiyah yang artinya : “Nabi Shalallahu ‘alaihi Wasallam memerintahkan kepada kami pada saat shalat ‘ied (Idul Fitri ataupun Idul Adha) agar mengeluarkan para gadis (yang baru beranjak dewasa) dan wanita yang dipingit, begitu pula wanita yang sedang haidh. Namun beliau memerintahkan pada wanita yang sedang haidh untuk menjauhi tempat shalat”. Pelaksanaan shalat Idul Fitri juga berbeda dari shalat lainnya. Berikut ini paparan jelas mengenai Tata Cara Shalat Idul Fitri.


Tata Cara Shalat Idul Fitri


1.Niat


Niat adalah suatu hal yang telah timbul dari dalam hati sebelum melakukan dan Allah Subhanahu Wa Ta’ala Maha Mengetahui apa-apa saja yang ada didalam hati manusia. Niat Tata Cara Shalat Idul Fitri ini juga dapat diperjelas dengan bacaan niatnya :

Untuk imam :
“Ushallii sunnata ‘iidil fithri rak’ataini imaman lillaahi ta’aalaa”
Artinya : “Aku niat shalat sunnah Idul Fitri dua rakaat sebagai imam karena Allah”
Untuk makmum :
“Ushallii sunnata ‘iidil fithri rak’ataini ma’muuman lillaahi ta’aalaa”
Artinya : “Aku niat shalat Idul Fitri dua rakaat sebagai ma’mum karena Allah”

2.Takbir


Tata Cara Shalat Idul Fitri selanjutnya bertakbir mengucap “Allahu Akbar” seperti shalat fardhu dan hati mengatakan : “Aku niat shalat Idul Fitri 2 rakaat mengikuti imam, karena Allah Ta’ala”. Jika menjadi imam, kata “mengikuti imam” diubah katanya “menjadi imam”


3.Membaca Do’a Iftitah


Seperti shalat fardhu.


4.Membaca Tasbih


Setelah membaca do’a iftitah Tata Cara Shalat Idul Fitri dilanjutkan dengan membaca tasbih :
“Subhaanallaahi walhamdu lillahi walaa ilaaha illallaahu wallahu akbar”
Artinya : “Maha suci Allah dan segala puji milik Allah. Tak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar”


5.Takbir Kembali


Tata Cara Shalat Idul Fitri selanjutnya, diteruskan dengan takbir yang kedua, bersedekap, membaca tasbih dan melakukan takbir yang ketiga. Dilakukan seperti itu hingga mencapai takbir yang ke-7.

6.Takbir Ketujuh Raka’at Pertama


Setelah sampai pada takbir ke-7, maka makmum mengikuti bacaan imam : membaca ta’awwudz dan surat Al-Fatihah, surat atau ayat-ayat tertentu kemudian dilanjutkan dengan ruku, I’tidal, sujud, duduk diantara 2 sujud, dan sujud yang kedua.

7.Raka’at Kedua


Setelah sujud, Tata Cara Shalat Idul Fitri dilanjutkan dengan takbir pada raka’at kedua dan kemudian bersedekap, membaca tasbih dan melakukan takbir yang kedua pada raka’at kedua. Dilakukan seperti itu hingga mencapai takbir ke-5. Paket Umroh November tahun ini diadakan dengan biaya lebih murah dari biasanya.. Silahkan kunjungi kantor Khazzanah Tour Travel, dan pastikan biaya umroh November tahun ini murah.


8.Takbir Kelima Raka’at Kedua


Setelah sampai pada takbir ke-5, maka makmum mengikuti bacaan imam : membaca ta’awwudz dan surat Al-Fatihah, surat atau ayat-ayat tertentu kemudian dilanjutkan dengan ruku, I’tidal, sujud, duduk diantara 2 sujud, sujud yang kedua, tasyahud akhir dan salam. Selesai sudah Tata Cara Shalat Idul Fitri. Kemudian mendengarkan ceramah Idul Fitri dari khatib hingga selesai.


Back To Top