Khazzanah Tour Travel Umrah Jakarta : Hal-Hal yang Membatalkan Ibadah Haji

PT. KHAZZANAH AL-ANSHARY
Jadwal Umroh November Desember

Hal-Hal yang Membatalkan Ibadah Haji

Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Ibadah Haji

Yang Membatalkan Ibadah Haji—Sahabat semuslim yang dimuliakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dalam Islam dalam melakukan ibadah, entah itu ibadah apapun, sudah pasti ada hal-hal yang dapat membatalkan ibadah tersebut. Misalnya ibadah shalat, yang membatalkan ibadah shalat apabila tertawa dan bercanda dalam shalat. Lalu berpuasa, yang membatalkan ibadah puasa apabila memakan makanan atau meminum minuman. Lalu apakah hal-hal Yang Membatalkan Ibadah Haji? Ada beberapa hal yang dapat membatalkan ibadah haji. Sangat disayangkan apabila ibadah haji yang sedang kita lakukan batal. Apalagi kita sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari untuk melakukan ibadah haji. Tetapi ketika disana, kita tidak sengaja membatalkannya karena tidak mengetahui ilmu apa saja yang dapat membatalkan tersebut. Berikut hal-hal Yang Membatalkan Ibadah Haji.

Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Ibadah Haji :


1.    Melakukan Jima’ (Bersenggama)

Hal ini termasuk pada pendahahuluannya. Misalnya, mencium istri atau saling menyentuh kepada yang bukan mahram dengan sengaja. Apalagi sampai istimna (masturbasi). Hal ini termasuk Yang Membatalkan Ibadah Haji. Apabila hal ini sampai terjadi, diwajibkan dengan membayar dam dengan memberi sapi atau unta atau 7 ekor domba. Kecuali hal ini dilakukan setelah selesai melakukan tahallul pertama, melempar jumrah ‘aqabah, dan melakukan thawaf ifadah. Maka hajinya tidak akan batal. Hanya saja tetap dikenakan dam yaitu memberi sapi atau unta atau 7 ekor domba.

2.    Tidak Melengkapi Rukun Haji

Apabila seorang jama’ah haji tidak melakukan rangkaian ibadah haji hingga selesai, tentu saja hajinya akan menjadi tidak sah atau tidak afdhol. Namun, bisa juga menjadi batal. Bahkan orang yang sedang sakit atau tidak mempu berjalan pun ketika berada di tanah suci tetap saja harus menuntaskan rangkaian ibadah haji denga cara ditandu. Belum tau Biaya Umroh terkini dari Khazzanah Tour? Yuk lihat

Selain hal-hal Yang Membatalkan Ibadah Haji diatas, banyak juga hal yang dilarang apabila sudah melakukan ihrom sampai pada saat tahallul. Apabila larangan tersebut dilakukan, tentunya dapat mengurangi pahala haji yang didapat. Larangan tersebut ialah mendzalimi sesama muslim. Misalnya bergosip, saling mendorong sesama muslim yang lain ketika ingin menyentuh hajar aswad, saling bertengkar, dan yang lainnya. Memakai wangi-wangian juga termasuk hal yang dilarang kecuali sudah memakainya sebelum melakukan ihrom. Kemudian memburu binatang darat dan membunuhnya, jika hal ini dilakukan, tentu saja diwajibkan mengganti sebesar binatang yang diburu. Akan tetapi apabila binatangnya binatang laut, tidak diwajibkan untuk menggantinya. Lalu memotong kuku atau rambut yang tumbuh dibadan. Hal ini juga dilarang kecuali sudah tiba saat bertahallul. Rencana liburan akhir tahun mau umroh? 

Itulah beberapa hal Yang Membatalkan Ibadah Haji beserta larangan-larangannya. Jika kita sampai melakukan larangan-larangan atau hal yang dapat membatalkan ibadah haji, tentu saja kesempatan untuk mendapatkan haji yang mabrur akan hangus. Hal itu juga dapat merugikan kita. Maka dari itu niatkan ibadah haji hanya karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Jangan karena hal yang lain. Akan tetapi, bila sudah batal, tetap diwajibkan atas seorang tersebut untuk melakukan ibadah haji ditahun yang akan datang, atau ketika ia sedang mampu dalam melakukan ibadah haji. Baca juga Paket Umroh November 2022 
Back To Top