Khazzanah Tour Travel Umrah Jakarta : Perbedaan Al Qur'an, Hadits, Ijma, Qiyas

PT. KHAZZANAH AL-ANSHARY
Jadwal Umroh November Desember

Perbedaan Al Qur'an, Hadits, Ijma, Qiyas


Agama Islam Memiliki Petunjuk Hidup Yang Benar Lewat Empat Sumber Hukum Islam


Perbedaan 4 Sumber Hukum Islam—Semua agama merupakan hal yang dapat dianut dan memiliki hukum untuk mengatur kehidupan seseorang yang telah mempercayai atau menganut agama tertentu. Hukum tersebut memiliki sumber hukum tersendiri. Guna dari sumber hukum tersebut ialah agar tidak adanya mengada-ada untuk mengatur kehidupan ini, dan tentunya telah jelas asal-muasalnya dari hukum yang telah tertera tersebut. Agama Islam sendiri, memiliki sumber hukum yang jelas, sangat detail keterangannya, sangat masuk dilogika manusia apabila sudah dikaji sumber-sumber hukum tersebut. Maka dari itu, agama Islam adalah agama yang benar dan bahkan sangat benar. Sumber hukum yang ada pada agama Islam berjumlah empat dan semuanya memiliki pengertian dan fungsinya masing-masing. Selain itu, keempat sumber hukum tersebut pastinya memiliki Perbedaan 4 Sumber Hukum Islam. Adapun nama dari keempat sumber hukum dalam agama Islam yaitu adalah Al-Qur’an, Hadits, Ijma’, dan Qiyas. Jangan lupa menyebutkan nama-nama sumber hukum Islamnya harus berurutan ya? Kenapa sih harus berurutan?

Karena sumber hukum yang paling utama adalah Al Qur’an, dan Al Qur’an merupakan petunjuk yang paling benar karena datangnya langsung dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Lalu untuk apa adanya Hadits, Ijma’ dan Qiyas? Apabila hukum dari peristiwa tertentu tidak tertera di dalam Al-Qur’an maka manusia atau umat Islam dapat mencarinya di dalam sumber hukum yang kedua yaitu Hadits. Apabila tidak terdapat dalam Al Qur’an dan Hadits juga, maka bisa diambil pada sumber hukum yang ketiga yaitu Ijma’ dan sumber hukum yang keempat yaitu Qiyas. Nah memang Perbedaan 4 Sumber Hukum Islam tersebut. Mari kita lihat pengertian-pengertian dari keempat sumber hukum Islam tersebut yang nantinya bisa dapat diambil kesimpulan mengenai Perbedaan 4 Sumber Hukum Islam.

Pengertian Dari Empat Sumber Hukum Islam


1.Al Qur’an


Sumber hukum yang akan dibahas pertama kali adalah Al Qur’an. Al Qur’an sendiri memiliki pengertian secara bahasa ialah baca atau dibaca. Sedangkan untuk istilahnya, Al Qur’an adalah Firman atau kalam Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang diturunkan lewat perantara malaikat Jibril melalui Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi Wasalam secara berangsur-angsur. Sejak jaman terdahulu hingga sampai pada jaman yang telah modern ini, Al Qur’an masih memiliki fungsi yang sama yakni sebagai petunjuk jalan kebenaran dan pedoman hidup bagi umat muslim dan muslimah. Cari info umroh untuk bulan November bingung? Yuk klik dan dapatkan informasinya untuk Paket Umroh September

2.Hadits


Selanjutnya Perbedaan 4 Sumber Hukum Islam bisa diambil dari hadits. Hadits adalah semua perkataan, perbuatan, dan ketetapan yang berupa persetujuan atau diamnya Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi Wasalam. Hadits, merupakan sumber hukum yang kedua, sebab apa yang dicontohkan Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi Wasalam merupakan bentuk kebenaran yang harus dicontoh juga oleh umatnya dalam dunia ini. klik unruk ibadah Paket Umroh November 2022

3.Ijma’


Bagi orang awam mungkin belum mengetahu apa itu ijma’. Ijma’ adalah sumber hukum yang terbentuk melalui musyawarah para ulama. Namun, bukan berarti hukum yang telah terbentuk melalui musyawarah tersebut nantinya menjadi bid’ah atau mengada-ngada. Karena, hukum yang telah terbentuk nantinya diambil pertimbangannya melihat dari rujukan Al Qur’an dan Al Hadits. Cari travel Umroh masih susah? Udah ga jamannya ya.. Yuk pilih travel umroh Khazzanah Tour Travel yang aman, nyaman, berpengalaman, dan pastinya terpercaya!

4.Qiyas


Sumber hukum selanjutnya yang dapat menimbulkan Perbedaan 4 Sumber Hukum Islam adalah Qiyas. Qiyas secara bahasa artinya menyamakan sesuatu. Qiyas ini timbul karena dalam Al Qur’an dan hadits tidak memiliki keterangan yang kuat, akhirnya cara yang tepat adalah dengan menyamakan sesuatu peristiwa yang satu dengan yang lainnya.

Back To Top