Khazzanah Tour Travel Umrah Jakarta : Pengertian, Keutamaan, dan Tata Cara Puasa Daud

PT Galih Tunggal Perkasa
Jadwal Umroh November Desember
MAKKAH
Hotel Suport 3 Final Rehab / Firdaus Umrah / Fajar albadee / Fahamatul/ setaraf
Hotel Suport 4 Villa Hilton / Olayan Ajyad / Royal majestic / Grand Mekkah/ setaraf
Hotel Suport 5 Pullman zamzam / Movenpick / Sofa Azka / Anjoum / Reetaj / setaraf
MADINAH
Hotel Suport 3 Mubarok Silver / Sourfah / Mubarok al masee / Mirage / setaraf
Hotel Suport 4 Fairusshatta / Golden Anshor / Royal Andalus / setaraf
Hotel Suport 5 Grand Mercure / Al haram / Concord / Hayyat Intercont / setaraf

Pengertian, Keutamaan, dan Tata Cara Puasa Daud

Pengertian, Keutamaan, dan Tata Cara Puasa Daud yang Perlu Diketahui


Pengertian, Keutamaan dan Tata Cara Puasa Daud—Pembahasan mengenai ibadah Allah Subhanahu Wa Ta’ala pasti tidak akan pernah ada henti-hentinya Anda lihat diberbagai media sosial yang Anda miliki sendiri. Hal ini memang harus terjadi sebab agama Allah Subhanahu Wa Ta’ala yakni Agama Islam haruslah tetap dihidupkan dimanapun kita berada, untuk menyirami hati kita yang kering akan ilmu Agama. Orang yang hatinya basah karena adanya ilmu agama pastilah orang itu hatinya tidak akan keras karena selalu ingat dosanya dan mempertahankan keimanannya agar tetap di jalan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Pembahasan mengenai Agama Islam kali ini adalah tentang Puasa Daud yang meliputi Pengertian, Keutamaan dan Tata Cara Puasa Daud.

Pengertian Puasa Daud



Puasa Daud adalah puasa yang dilakukan dengan cara selang seling, seperti sekarang adalah mulai Puasa Daud, besok tidak berpuasa dan lusanya Anda berpuasa kembali dan dilanjutkan begitu seterusnya. Puasa Daud boleh dilakukan sepanjang tahun kecuali hari-hari besar Islam seperti 2 hari Idul Fitri dan Idul Adha, kemudian pada hari-hari Tasyrik pun tidak diperkenankan untuk melaksanakan Puasa Daud. Berpuasa di Hari Jum’at dengan niat Puasa Daud, boleh dilakukan. Namun tidak boleh dilakukan untuk melaksanakan puasa khusus di Hari Jum’at. Puasa Daud ini sangat dianjurkan bagi orang-orang yang sudah terbiasa melaksanakan Puasa Senin Kamis. Hal ini untuk mencegah kesulitan bagi si pelaksananya.

Puasa Daud ini dilakukan dengan hukum sunnah. Jika sudah membaca pengertian Puasa Daud, silahkan lanjutkan dan perdalam pemahaman kita semua untuk mengetahui keutamaan dan Tata Cara Puasa Daud. Dengan begitu, ibadah yang dilakukan akan menjadi full. Artinya selain dengan niat yang ikhlas, kita semua bisa melaksanakan Puasa Daud dengan benar untuk meraih keutamaan yang besar setelah melaksanakannya. Apa sajakah Keutamaan Puasa Daud? Dan bagaimanakah Tata Cara Puasa Daud? Berikut ini penjabarannya dari Khazzanah Tour Travel.

Keutamaan Puasa Daud



Mengenai Keutamaan Puasa Daud, semua termaktub dalam hadits berikut ini, yang artinya

‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash berkata bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam mengatakan padanya : “Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR. Bukhari)

Riwayat lain dikatakan:

“Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Dari riwayat hadits Keutamaan Puasa Daud diatas, dapat disimpulkan bahwa Keutamaan Puasa Daud adalah :

1.Puasa Daud adalah puasa yang paling disenangi Allah Subhanahu Wa Ta’ala,
2.Tidak masalah mengerjakan Puasa Daud di hari Jum’at / Sabtu,
3.Menjalankan hak Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan hak badan,
4.Tidak ada ketaatan yang lebih baik dari puasa dan juga shalat Daud,
5.Tidak mengerjakan sesuatu secara berlebihan,
6.Bisa lebih memperhatikan ibadah yang lainnya,
7.Hanya boleh dijalankan oleh orang yang mampu saja.

Baca juga informasi terbaru Umroh yang ada promonya, lebih murah biayanya di Paket Umroh April 2018 

Tata Cara Puasa Daud




Untuk Tata Cara Puasa Daud, sama saja seperti puasa yang lainnya, hanya saja waktu pelaksanaannya berbeda seperti yang telah dijelaskan diatas, dan juga tentunya niatnya tidak sama. Niat sudah timbul dari dalam hati, boleh diucapkan dan boleh juga tidak. Jika ingin mengucapkan, boleh langsung ucapkan niat Puasa Daud ini : “Nawaitu shauma daawuda sunnatan lillaahi ta’alaa” yang artinya “Saya niat Puasa Daud, sunna karena Allah Ta’ala”

Back To Top