Khazzanah Tour Travel Umrah Jakarta : Keutamaan Melaksanakan Qurban di Idul Adha

PT Galih Tunggal Perkasa
Jadwal Umroh November Desember
MAKKAH
Hotel Suport 3 Final Rehab / Firdaus Umrah / Fajar albadee / Fahamatul/ setaraf
Hotel Suport 4 Villa Hilton / Olayan Ajyad / Royal majestic / Grand Mekkah/ setaraf
Hotel Suport 5 Pullman zamzam / Movenpick / Sofa Azka / Anjoum / Reetaj / setaraf
MADINAH
Hotel Suport 3 Mubarok Silver / Sourfah / Mubarok al masee / Mirage / setaraf
Hotel Suport 4 Fairusshatta / Golden Anshor / Royal Andalus / setaraf
Hotel Suport 5 Grand Mercure / Al haram / Concord / Hayyat Intercont / setaraf

Keutamaan Melaksanakan Qurban di Idul Adha

Amal Ibadah Melaksanakan Qurban Dihitung Niat Hanya Karena Allah


Keutamaan Melaksanakan Qurban—Bertepatan dengan hari ini, tepatnya hari Kamis tanggal 31 Agustus 2017 atau sama dengan tanggal 9 Dzulhijah pada Kalender Hijriyah, sudah menandakan bahwa besok tanggal 10 Dzulhijah atau tanggal 1 September 2017 adalah perayaan Idul Adha bagi seluruh umat Muslim dan Muslimah yang ada di penjuru dunia. Dimana pada perayaan di hari besar Idul Adha, pada masjid-masjid mengadakan pemotongan hewan qurban yang jumlahnya bervariasi sesuai dengan jumlah orang yang menyumbang hewan qurbannya di antara masjid-masjid tersebut. Kebanyakan yang sering ditemui adalah domba atau kambing, karena jika menyumbang domba atau kambing hanya bisa diatasnamakan 1 nama saja. Sedangkan untuk sapi atau kerbau dapat diatasnamakan 7 orang dengan harga sapi atau kerbau yang dibagi 7 orang sama rata. Hal itu bukanlah sebuah masalah, karena semuanya tetap bisa mendapatkan Keutamaan Melaksanakan Qurban. Namun tetap saja semua amal ibadah yang baik, tergantung dari niatnya. Bila niatnya baik dan karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam menunaikan qurban, maka Keutamaan Melaksanakan Qurban pun akan mudah didapat bagi yang melaksanakan qurban. Apabila tidak, maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang akan memberikan ganjaran atau Keutamaan Melaksanakan Qurban yang lain sesuai dengan niat dalam pelaksanaan ibadah qurban. Hanya Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang mengetahui masing-masing ibadah yang dilaksanakan oleh seorang hamba-Nya. Wallahu’alam bishawab..

Melaksanakan Qurban Perintah Allah



Bagi yang mampu, ada baiknya cepat-cepat untuk melaksanakan qurban dan janganlah ditunda-tunda. Bila perlu jika sudah ada keinginan untuk melaksanakan qurban, sedikit demi sedikit untuk mengumpulkan uang untuk memenuhi keinginan berqurban. Adanya perjuangan dalam mengumpulkan uang untuk memenuhi keinginan berqurban, sepertinya itu merupakan hal yang akan lebih terasa kenikmatan beribadahnya karena mengumpulkan uang sendiri dan dari awal. InshaaAllah dengan begitu Keutamaan Melaksanakan Qurban akan terasa. Sebegitunya hingga harus melaksanakan qurban karena dijelaskan dalam Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam Al-Qur’an yang artinya : “Sesungguhnya aku telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak, maka dirikanlah solat kepada Tuhanmu dan menyembelihlah kurban” (Q.S Al-Kautsar : 1-2). Namun perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam melaksanakan qurban dilaksanakan bagi yang berkemampuan dalam segi harta atau finansialnya saja. Allah Subhanahu Wa Ta’ala tidak menghendaki bagi orang yang tidak mampu bahkan tidak dapat menutupi kebutuhan sehari-harinya untuk melaksanakan qurban. Hal kemampuan dalam melaksanakan qurban ada dalam hadits yang artinya : Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasalam bersabda : “…sesungguhnya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasalam bersabda: “Barangsiapa memiliki keluasan harta dan tidak mau menyembelih qurban maka jangan mendekat tempat shalatku”. [Hadist Ibnu Majah No. 3123 Kitabul Adlohi].

Apa Keutamaan Melaksanakan Qurban?



Adapun Keutamaan Melaksanakan Qurban diterangkan dengan beberapa hadits yang terbilang tidak shahih atau dho’if atau lemah yakni yang artinya : Dari ‘Aisyah, Nabi Shallallahu‘alaihi Wasalam bersabda, “Tidaklah pada hari nahr manusia beramal suatu amalan yang lebih dicintai oleh Allah daripada mengalirkan darah dari hewan qurban. Ia akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku, rambut hewan qurban tersebut. Dan sungguh, darah tersebut akan sampai kepada (ridha) Allah sebelum tetesan darah tersebut jatuh ke bumi, maka bersihkanlah jiwa kalian dengan berkurban.” (HR. Ibnu Majah No. 3126 dan Tirmidiz No. 1493. Hadits ini adalah hadits yang dho’if kata Syaikh Al Albani). Meski dho’if ambilah sedikit hikmah dari hadits Keutamaan Melaksanakan Qurban tersebut yakni adalah sebagian perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang harus dijalankan. Bagi yang menjalankannya pun inshaaAllah tidak akan sia-sia dan tidak akan merugi. Klik Disini untuk ketahui info-info umroh yang murah dan pasti keberangkatannya!

Back To Top